Breaking News

Alasan Dibalik Pentingnya Merawat AC Mobil


Seringkali kita melakukan service dan merawat komponen besar mobil seperti ban, mesin, oli mesin dan body mobi. Namun tidak jarang kita akan melewatkan perawatan terhadap AC. Padahal komponen ini memiliki kegunaan yang sangat penting. Bisakah Anda membayangkan mengendarai mobil di tengah panasnya kota dengan AC mobil tidak dingin? Tentu akan sangat panas bukan? Mesin mobil tentu saja juga akan overhead.

Perawatan yang dapat dilakukan untuk AC mobil dapat berbentuk perawatan rutin atau dilakukan oleh pemilik. Dapat pula melakukan perawatan di bengkel untuk komponen-komponen yang memerlukan di service atau diganti. Paling tidak, Anda harus membawa mobil service termasuk AC setelah satu tahun atau telah menempuh jarak 10.000 KM. Lalu mengapa sebenarnya kita harus merawat sistem AC pada mobil ?

  1. Menjaga AC tetap dingin
Jika Anda sering merawat dan melakukan service tepat waktu, akan menjaga AC mobil selalu dingin. Memang suatu saat AC akan menjadi panas karena kerusakan komponen yang harus diganti. Misalnya kompresor yang sudah aus. Namun jika sering dirawat dapar memperpanjang masa penggunaan komponen-komponen tersebut supaya tidak cepat rusak.

  1. Kebersihan komponen AC dapat terjaga
Jika Anda sering membersihkan komponen AC baik dengan semprotan air ataupun dengan membersihkan debu dan kotoran yang menempel akan menjaga kebersihan mobil. Sehingga tidak ada tumpukan kotoran yang dapat menyumbat sistem AC. Sehingga AC dapat bekerja secara optimal.

  1. Menghindarkan mesin dari overhead
Jika Anda merawat komponen AC dengan baik, tingkat dingin AC akan tetap terjaga dan mesin akan terhindar dari overhead. Bisa Anda bayangkan jika AC mengalami kerusakan, dan mesin menjadi panas baik dari luar maupun dalam mobil. Sehingga terjadi overhead. Hal ini akan membuat performa mobil menjadi tidak maksimal.

  1. Mengurangi kinerja AC
Jika sedang melaju pada jalanan yang macet dan panas, kompresor akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan suhu dalam mobil. Jika ada kerusakan atau gangguan di salah satu fungsi sistem AC akan membuat tekanan pada kompresornya lebih besar. Namun udara yang dikeluarkan tidak terlalu dingin.

Jika Anda sering melakukan service AC mobil, maka sama saja Anda akan meringankan kinerja kompresor karena bagian-bagian yang mengalami kerusakan akan segera terdeteksi dan dilakukan penggantian komponen jika mengalami kerusakan. Sehingga sistem AC dapat kembali normal dan lancar.

  1. Menghindarkan mesin dari kerusakan
Dengan merawat komponen AC sebenarnya kita juga merawat sistem kelistrikan. Tak jarang AC yang tidak normal dapat mempengaruhi kelistrikan mobil sehingga mesin akan mati setiap kali AC dinyalakan. Jadi, jika Anda sering merawatnya hal seperti ini dapat dideteksi sedari awal.

  1. Menghemat Biaya
Jika Anda rajin melakukan perawatan misalnya hal kecil seperti tidak merokok di dalam mobil dan selalu membersihkan debu, itu merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya. Hal ini dikarenakan Anda meminimalkan risiko kerusakan pada komponen AC. Sehingga kerusakan besar tidak terjadi dan budget Anda tidak berkurang karena harus melakukan service berskala besar atas komponen AC.

Merawat dan menjaga AC mobil memang mudah-mudah gampang ya. Selain merawat sendiri, Anda juga perlu untuk selalu membawanya service paling tidak setahun sekali untuk memeriksa dan mengganti komponen yang memang harus diganti. Jangan sampai menunda karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.
 
Untuk informasi mengenai AC mobil tidak dingin, Anda dapat mengakses video berikut ini.


Semoga bermanfaat.

No comments