Breaking News

Takut Mobil Mogok Saat Menerjang Banjir? Simak Tips Berikut


Menerjang banjir atau kubangan air yang lumayan tinggi memang semestinya dijauhi. Tetapi bila sangat terpaksa meberobosnya, harus dikerjakan dengan tehnik yang benar. Tidak asal sembarangan mengemudi seperti tidak ada banjir. Lalu, seperti apa Langkah Mengemudi Yang Benar Waktu Melalui Banjir ini?

Yakin diri saja sebab type mobil yang dipakai dapat menyalip semua medan tidak cukup. “Dengan tahu tingkat kedalaman air, dapat diprediksi dengan tehnik menyetir mobil yang pas. Karena, kubangan air yang begitu dalam atau arus air begitu kencang dapat menyapu mobil tidak dapat dikontrol. Langkah yang paling mudah ialah, dengan lihat mobil yang melalui kubangan atau arus banjir itu.

Bila tidak ada atau belumlah ada mobil lain yang melewatinya, lihatlah pertanda di sekitar kubangan atau banjir, contohnya pohon, pagar, tembok, atau bangunan lain. Lalu prediksikan apa ketinggian melewati 1/2 ketinggian ban. Jika lebih dari itu, semestinya berpikir lagi, hanya karena mobil dengan detail spesial serta direncanakan untuk dapat berenang di sungai yang aman melewatinya. Peluang air masuk ke aliran isap udara atau beberapa bagian lain dari mesin besar sekali.

Tetapi, jika ketinggian air masih di tingkat batas cukup aman, Anda dapat menerobosnya. Walau demikian, jangan jalankan mobil bila ada mobil lain di muka Anda yang tengah ada di tengahnya kubangan. Nantikan mereka sampai usai melewatinya.

Soalnya, setiap saat mobil lain itu dapat berhenti tiba-tiba serta akan membuat mobil Anda terjerat ditengah-tengah banjir. Bila Anda berhenti, karena itu peluang air atau persisnya ombak air karena goyangan pergerakan mobil lain dapat tentang radiator, atau serta aliran isap mobil Anda.

Lakukan mobil dengan kecepatan stabil. Jangan kadang-kadang meningkatkan mobil bertambah cepat atau turunkan kecepatan saat mobil Anda ada ditengah-tengah kubangan air. Tiap penurunan kecepatan dapat mengakibatkan air masuk ke grille radiator atau serta masuk ke mesin. Direncanakan, air dapat juga masuk lewat knalpot.

Sesudah usai menerjang banjir, behentilah sesaat tanpa ada mematikan mesin. Hal tersebut ditujukan supaya buang sisa-sisa air pada mobil dapat terbuang. Selanjutnya, check peranan rem sebelum meneruskan perjalanan.

No comments