Breaking News

Menghitung Usia Kehamilan dan HPL dengan Kalkulator Kehamilan


Cara terbaik dan terakurat untuk mengetahui usia kandungan adalah USG. Namun, di era digital ini banyak ibu hamil yang juga memanfaatkan aplikasi yang berhubungan dengan kehamilan atau kalkulator kehamilan untuk mengetahui informasi tersebut serta ‘menemani’ mereka selama masa kehamilan. Namun, ternyata ada cara manual yang dapat dilakukan dengan rumus tertentu. Penasaran?

Cara Menghitung Perkiraan Hari Lahir Si Kecil

1. Dengan rumus HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir)

Menghitung HPL secara manual dan mandiri memang bukan menjadi pilihan utama bagi kebanyakan ibu hamil. Namun, tidak ada salahnya untuk menambah pengetahuan mengenai patokan dasar untuk menghitung perkiraan jabang bayi lahir. Biasanya, rumus yang digunakan mengandalkan HPHT, kemudian dihitung dengan cara yang dikenal “tambah 7 kurangi 3 tambah 1” atau disebut dengan rumus Naegele.

Penjelasan singkat dari rumus tersebut adalah angka 7 ditambahkan dengan hari pertama dari haid terakhir Anda. Selanjutnya, angka 3 digunakan untuk mengurangi bulan dari HPHT tersebut. sedangkan angka 1 ditambahkan dengan tahun dari HPHT. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar mengetahui periode siklus haid terakhir agar menghasilkan perhitungan yang paling mendekati.

Agar lebih memudahkan, berikut penggambarannya. Katakanlah tanggal HPHT Anda adalah 9 April 2020. Maka, penghitungannya menjadi 9 + 7 yang menghasilkan 16. Setelah itu, bulan April atau bulan ke-4 dikurangi dengan 3 yang menghasilkan 1. Kemudian, untuk tahun yakni 2020 ditambah dengan 1 menjadi 2021. Dengan begitu, perkiraan HPL jatuh pada tanggal 16 Januari 2021.

2. Dengan kalkulator kehamilan

Apabila tidak mau repot menghitung secara manual, maka Anda juga dapat menggunakan kalkulator kehamilan yang dapat diakses secara gratis melalui internet. Agar dapat memanfaatkannya dengan baik, maka Anda harus mengetahui HPHT karena data tersebutlah yang digunakan untuk menghitung HPL. Apabila benar-benar tidak ingat, maka sebaiknya periksakan saja ke dokter kandungan.

Kelebihan dari kalkulator kehamilan cukup banyak. Tidak hanya menampilkan HPL saja, kalkulator kehamilan juga menyuguhkan informasi lain seperti usia kehamilan, periode trimester kehamilan, dan perkembangan janin tiap minggu. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi para ibu hamil untuk menjalani masa kehamilan dengan lebih siap secara fisik dan mental.

Bagi para ibu hamil yang berprofesi sebagai wanita karir, misalnya, dapat memanfaatkan kalkulator kehamilan untuk merencanakan permohonan cuti hamil. Walaupun hanya sebatas perkiraan namun masih tetap berguna sebagai acuan yang cukup akurat asalkan data tentang siklus haid juga akurat. Selain itu, pastikan juga selalu rutin mengonsultasikan berbagai hal seputar kehamilan dengan dokter kandungan.

Apapun cara yang dipilih, Anda harus tetap sebisa mungkin melakukan USG untuk mengetahui usia kandungan. Sebab, USG adalah cara yang dinilai paling akurat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengarahan langsung dari dokter. Namun, penggunaan kalkulator kehamilan atau pun aplikasi yang siap diunduh tetap dapat digunakan asalkan sumbernya tidak asal-asalan.

No comments