Breaking News

Berikut Ini Tips Membentuk Karakter Positif Pada Anak

situs parenting indonesia
Foto: Canva.com pro

Memang membesar dan mendidik anak itu bukanlah hal yang mudah. Kesalahan orangtua dalam menerapkan pola asuh bisa mempengaruhi perilaku anak nantinya. Maka dari itu, sangat penting bagi para orangtua untuk mengetahui dan mempelajari metode parenting supaya dapat membentuk karakter positif pada anak. Lalu bagaimana cara membuat anak yang memiliki karakter positif tersebut?

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba memberikan tips membentuk karakter positif pada anak sebagai berikut ini yang diulas oleh situs parenting indonesia:

1. Menjadi Suri Tauladan Yang Baik

Ada peribahasa mengatakan bahwa orangtua merupakan sekolah pertama bagi anak. Yang mana, anak cenderung akan meniru apa saja yang orangtuanya lakukan di rumah. Maka dari itu, menjadi suri tauladan yang baik merupakan salah satu cara yang efektif untuk membentuk karakter positif pada anak.  

Pada saat orangtua ingin menanamkan karakter positif pada anak, maka berilah contoh yang baik pada mereka, misalnya dengan berperilaku baik, santun terhadap orang lain, menghormati orang yang usianya lebih tua dan menyayangi orang yang usianya lebih muda, suka membantu orang lain, dan lain sebagainya.

2. Jangan Memanjakan Anak

Dengan alasan sayang banyak orangtua yang selalu menuruti semua kemauan anaknya. Apapapun akan dilakukan demi keinginan anaknya itu. Padahal, hal ini justru tidak baik karena akan membuat anak menjadi manja. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan buruk ini dan beri pembelajaran supaya anak tidak manja.

Misalnya, jangan turuti kemauan anak saat menangis karena ingin menonton televisi saat waktunya tidur malam, atau terus bermain padahal waktunya makan siang.

Rasa sayang pada anak itu tidak selamanya berbentuk yang bisa menyenangkan hati anak, tapi kadangkala ada hal yang membuat anak tidak senang tetapi justru hal itu sangat baik bagi kepribadiannya kelak.

3. Luangkan Waktu Untuk Anak Setiap Harinya

Yang namanya anak tidak cukup hanya dipenuhi kebutuhannya dari segi jasmaninya saja, seperti pakaiannya yang bagus, makanannya yang enak dan bergizi, diberi uang jajan yang cukup, dan lain sebagainya. Tapi, anak juga butuh perhatian dari kedua orangtuanya setiap hari. Jadi, sesibuk apapun aktifitas anda, luangkan waktu bersama anak walaupun hanya sebentar. Terutama bagi para ayah yang selalu sibuk diluar rumah. Buatlah kondisi berkumpulnya keluarga yang santai, seperti sambil makan bersama, nonton televisi bersama, atau hanya sekedar mengobrol saja.  Hal ini dilakukan agar hubungan anak dan orangtua semakin terjalin dengan baik. Selain itu, anak juga akan merasa dirinya sangat disayangi dan diperhatikan oleh kedua orangtuanya.

4. Tumbuhkan Sifat Kemandirian Pada Anak

Untuk menanamkan sifat kemandirian pada anak, orangtua bisa coba memberikan anak kepercayaan, kesempatan, dan apresiasi. Sebagai contoh, dengan mengajarkan anak untuk membereskan mainan dan tempat tidurnya sendiri, memakai baju dan celana sendiri, makan sendiri, dan lain sebagainya.

Saat anak menginjak usia remaja, orangtua bisa coba mendukug serta membanti untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya, yakni dengan cara berdiskusi dan selalu mengarahkan pada anak untuk mengambil sikap yang terbaik.
 

5. Buatlah Peraturan Di Rumah Beserta Alasannya

Untuk menumbuhkan sikap disiplin, orangtua bisa membuat suatu peraturan di rumah. Saat membuat peraturan tersebut, jelaskan juga alasan mengapa peraturan tersebut dibuat. Sebagai contoh, jangan menonton tv lama-lama dan tidak boleh hingga larut malam. Karena hal ini tidak baik untuk kesehatan.

No comments