Breaking News

Tugas Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Bisa Buat Janji di SehatQ!


Berkonsultasi dengan dokter spesialis akan jadi pilihan terbaik saat Anda membutuhkan pertolongan medis. Saat mengalami gangguan kesehatan yang berhubungan dengan organ dalam tubuh maka pilihlah dokter spesialis penyakit dalam. Dokter spesialis ini memiliki kompetensi yang memadai untuk membantu Anda sembuh dari penyakit yang diderita.

Tugas Dokter Penyakit Dalam

Setiap dokter punya kompetensinya masing-masing. Tugas yang menjadi tanggung jawab juga berbeda-beda, apalagi untuk dokter spesialis. Berikut ini adalah beberapa tugas yang dapat dilakukan oleh seorang dokter penyakit dalam:

1. Melakukan Konsultasi

Hal pertama yang menjadi tugas dari dokter penyakit dalam adalah melakukan konsultasi. Dokter akan melayani konsultasi pasien baik secara online atau bisa juga offline. Konsultasi ini merupakan tahap awal dimana dokter dan pasien bertemu. Lewat sesi konsultasi, dokter juga akan mengenali pasien lebih dalam lagi. Tahap ini sangat penting karena akan membuka jalan diagnosis bagi dokter.

2. Melakukan Evaluasi Gejala

Dokter juga harus melakukan evaluasi gejala yang dialami oleh pasien. Saat sesi konsultasi, pasien akan menceritakan gejala-gejala apa saja yang ia alami. Lewat informasi gejala ini dokter bisa menentukan diagnosis penyakit yang saat ini dialami oleh pasien. Bahkan evaluasi gejala ini juga bisa dilakukan secara online tanpa perlu berhadapan langsung.

3. Memberi Layanan Preventif

Dokter spesialis penyakit dalam juga punya tugas penting dalam memberi pelayanan preventif. Layanan preventif merupakan bentuk usaha pencegahan dasar agar pasien tidak menderita jenis penyakit tertentu. Misalnya dengan pemberian vaksin bagi orang dewasa, melakukan terapi, mengatur pola makan dan pola hidup, serta hal-hal preventif lainnya.

4. Melakukan pemeriksaan

Sama seperti dokter spesialis lainnya, dokter penyakit dalam akan melakukan pemeriksaan. Tahap pemeriksaan ini sangat penting untuk dilakukan agar dokter bisa menentukan diagnosis penyakit. Pemeriksaan yang dilakukan bisa berupa pemeriksaan fisik atau pemeriksaan dasar.

Selain pemeriksaan fisik, dokter penyakit dalam juga akan melakukan pemeriksaan penunjang jika dibutuhkan. Pemeriksaan penunjang ini bisa berupa cek darah, EKG, rontgen, USG, dan lain sebagainya. Namun pemeriksaan penunjang ini hanya dilakukan di saat-saat tertentu saat memang dibutuhkan.

5. Memberikan Pengobatan

Dokter penyakit dalam juga bertugas memberi pengobatan bagi pasiennya. Jika sudah ditentukan diagnosis penyakit yang diderita, maka dokter bertugas memberikan pengobatan yang tepat. Dokter bisa memberi resep obat yang dapat dikonsumsi pasien untuk meringankan gejala penyakit yang diderita. Bahkan saat ini pemberian resep bisa dilakukan online dan pasien bisa menebusnya secara online.

6. Mengatur Asupan Gizi

Tugas lain yang dilakukan dokter penyakit dalam adalah mengatur asupan gizi pasiennya. Biasanya dokter penyakit dalam sangat akrab dengan pasien penyakit kronis yang sangat membutuhkan asupan gizi seimbang untuk mengontrol kondisi tubuhnya. Pengaturan asupan gizi ini bisa dilakukan di bawah pengawasan dokter penyakit dalam.

7. Memberi Penanganan

Dalam kondisi tertentu dimana pasien tidak bisa menerima obat, maka dokter akan memberikan penanganan medis. Dokter penyakit dalam bisa melakukan penanganan yang berhubungan dengan kondisi darurat pasien. Status darurat medis ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh dokter penyakit dalam.

Itulah tadi beberapa tugas yang dilakukan oleh dokter penyakit dalam. Bagi Anda yang merasa membutuhkan konsultasi dengan dokter spesialis ini maka gunakanlah layanan SehatQ. SehatQ akan memberikan Anda layanan konsultasi online yang memadai lewat fitur chat dokter. Anda bisa melakukan tanya jawab dengan dokter profesional dimana saja kapan saja.

Sumber:

https://www.alodokter.com/seputar-dokter-spesialis-penyakit-dalam-dan-penyakit-yang-ditangani

https://www.alodokter.com/penanganan-yang-bisa-dilakukan-oleh-dokter-penyakit-dalam

https://www.uraiantugas.com/2019/09/tugas-pokok-dokter-spesialis-penyakit-dalam.html

No comments