Breaking News

Masih Bingung Cara Mencuci Kaos Sablon yang Benar? Ikuti 5 Tips Ini


Dari sekian banyak pakaian yang Anda miliki, tentu saja hanya ada beberapa baju saja yang sering digunakan. Jika Anda pencinta baju kaos dengan desain gambar sablon, maka kaos tersebut tentu saja akan lebih sering dipakai untuk berbagai kegiatan, seperti jalan-jalan, olahraga, ngampus, dan lain-lain. Jika ingin menghemat uang mendapatkan kaos sablon, tak sedikit orang yang mencari tukang jual polyfex untuk membuat gambar sablon sendiri.

Agar kaos kesayangan Anda bisa bertahan lama, tentu saja Anda harus pandai untuk merawatnya, salah satunya yaitu dengan memperhatikan cara pencuciannya. Cara pencucian ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap keawetan baju Anda. Jika Anda salah sedikit saja, maka kaos Anda tidak lagi berbentuk sama seperti pada saat awal membelinya. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui cara mencuci kaos sablon yang baik dan benar.
Jika Anda masih bingung bagaimana cara mencuci kaos sablon yang baik dan benar, maka simaklah beberpa tips ampuh berikut ini yang bisa dengan mudah Anda lakukan cukup di rumah saja. Berikut adalah tipsnya.
  1. Memisahkan baju saat mencuci
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu memisahkan kaos sablon dengan baju-baju berwarna saat akan dicuci. Hal ini dilakukan agar kaos sablon Anda tidak tercampur dengan warna dari kaos lain yang mudah luntur. Hal ini sangat penting dilakukan agar kualitas dari kaos dan sablonnya itu sendiri tetap terjaga, apalagi jika kaos kesayangan Anda itu berwarna putih.

  1. Tidak merendam kaos terlalu lama
Jika Anda pertama kali membeli kaos sablon, maka jangan terlalu lama merendamnya. Perendaman yang terlalu lama hanya akan membuat kualitas sablon menjadi rusak terkelupas sehingga bentuknya menjadi tidak sebagus dulu. Anda bisa merendam kurang dari 30 menit atau seperlunya saja. Anda bisa menggunakan air hangat untuk merendam kaos sablon tersebut, namun, jangan sampai terlalu panas, ya!

  1. Tidak menggunakan pemutih
Kebanyakan orang menggunakan pemutih untuk membuat pakaiannya menjadi lebih bersih. Namun, hal tersebut tidak disarankan jika Anda hendak mencuci kaos sablon. Zat kimia yang terkandung dalam pemutih cukup keras sehingga bisa membuat gambar sablon menjadi luntur. Selain itu, pemutih juga bisa membuat kaos menjadi rusak, seperti menjadi lebih tipis dan kasar.

  1. Tidak menggunakan mesin cuci
Agar kaos sablon Anda tetap awet, maka gunakanlah pencuci manual alias tangan saat mencucinya. Penggunaan mesin cuci tidak disarankan karena hal tersebut hanya akan membuat kuaitas gambar sablon menjadi rusak. Jika kaos tersebut sudah tidak layak pakai, maka mau tidak mau Anda harus membeli kaos baru atau membuat desain gambar sablon sendiri dengan membeli polyfex di tukang jual polyfex terdekat.

  1. Menjemur kaos dengan diangin-anginkan
Baju yang terkena sinar matahari langsung tentu saja tidak akan berdampak baik. Kaos Anda akan mudah kusam dan juga melar jika terlalu lama dijemur di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, ada baiknya jika kaos tersebut diangin-anginkan saja sesaat setelah dicuci. Anda bisa meletakannya di halaman rumah yang tidak tersorot sinar matahari atau cukup di dalam rumah saja.

Jika Anda ingin kaos lebih cepat kering, maka jangan lupa untuk menjemurnya secara terbalik agar gambar sablonnya tidak rusak terkena sinar matahari.
Itulah beberapa tips mencuci kaos sablon agar tidak mudah rusak. Jika Anda ingin berkereasi membuat desain kaos sablonsendiri, maka belilah cat Polyfex di tempat jual Polyfex terdekat di kota Anda.

No comments