Breaking News

Jangan Bingung Memilih Tempat Tidur Bayi, 3 Cara ini Akan Membantu Anda

Jangan-Bingung-Memilih-Tempat-Tidur-Bayi,-3-Cara-ini-Akan-Membantu-Anda

Bagi Anda yang baru saja memiliki buah hati, hal pertama yang harus segera disiapkan adalah box bayi atau tempat tidur khusus bayi. Bayi membutuhkan tempat untuk bergerak dengan leluasa dan beristirahat dengan nyaman. Sedangkan orangtua juga dapat melakukan aktivitas lain sambil tetap mengawasi keadaan sang bayi.

Box atau tempat tidur khusus bayi biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang. Bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat tempat tidur bayi paling banyak berasal dari kayu. Detail bentuknya terdiri dari satu sisi yang dapat dibuka dan ditutup dan sisi yang lain didesain seperti pagar. Tujuan dari sisi-sisi berbentuk pagar yakni memudahkan orangtua secara memperhatikan detail tubuh dan gerak-gerik bayi.

Memilih tempat tidur bayi yang tepat

Seringkali para orangtua mengalami kebingungan saat memilih box bayi yang cocok untuk si kecil. Mengapa kebingungan tersebut dapat terjadi? Hal ini karena tempat tidur bayi akan digunakan dalam waktu yang bisa dibilang lumayan lama, yakni sejak awal lahir sampai tahun kedua atau ketiga.

Agar tidak menyesal setelah membeli, alangkah baiknya Anda lebih selektif dalam memilah dan memilih box yang terbaik. Tidak perlu khawatir, berikut 3 cara mudah memilih tempat tidur bayi yang bisa Anda terapkan.

1. Memilih ukuran sesuai tubuh bayi

Hal pertama saat Anda hendak membeli keranjang bayi adalah melihat ukurannya. Hindari memilih box dengan ukuran yang sempit dan terlalu luas bagi bayi. Pertimbangkan juga durasi penggunaan box bayi Anda, misalnya hingga bayi berusia 2 tahun. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam memilih ukuran box yang cocok dengan kebutuhan tumbuh kembang bayi.

Selain itu, yang harus diperhatikan adalah jarak ukuran pagar antara tiang satu dengan lainnya. Ukuran standar untuk jarak tersebut yakni kurang dari 6 cm. Apabila kurang dari ukuran tersebut dapat menimbulkan resiko tangan bayi terjepit. Sedangkan jika melebihi standar ukuran 6 cm, dikhawatirkan keluarnya anggota badan bayi yang membahayakan keselamatan.

2. Memeriksa kekuatan konstruksi

Fungsi utama tempat tidur bagi bayi adalah menjadi mengamankan bayi dari gangguan dan membebaskan gerakan bayi. Cara kedua yang harus Anda perhatikan adalah kekuatan konstruksi tempat tidur tersebut.

Box yang baik adalah yang solid dan kuat. Cobalah untuk mengguncang dengan perlahan kerangan box, jika terasa solid maka box tersebut dapat menjadi pilihan yang tepat.

Anda juga disarankan memeriksa keseluruhan badan box atau tempat tidur bayi. Periksa kembali apakah ada kekurangan seperti cat yang mengelupas, sekrup yang tidak cocok dan material yang membahayakan bayi. Bagian lain yang wajib diperiksa adalah roda yang digunakan untuk memudahkan perpindahan tempat tidur bayi. Pastikan kembali bahwa rem sudah terpasang di roda dan berfungsi dengan baik.

3. Hindari anggapan “mahal pasti bagus”

Seringkali orang beranggapan bahwa barang dengan harga mahal akan selalu menjamin kualitasnya. Namun tidak sama halnya dengan tempat tidur bayi ini, sebab acuan utamanya adalah pada kenyamanan dan keamanan bayi.

Pilihlah box yang sederhana namun tetap menyenangkan untuk dipandang. Sesuaikan juga dengan anggaran kebutuhan rumah tangga sehingga Anda tidak merasa terbebani. Jangan lupa menyisihkan dana untuk membeli kasur bayi bersamaan dengan pembelian box.

Perhatikan baik-baik 3 cara di atas dan praktikkan saat Anda memilih box bayi. Sekarang Anda sudah memiliki gambaran perihal box yang akan dibeli ‘kan?

No comments